Tren digital

Gunakan 3 Tren Digital Ini Untuk Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

topik: Pemasaran/Teknologi penulis:

Selalu mengikuti perkembangan tren digital beserta sejumlah besar data yang mengalir masuk dan keluar darinya merupakan hal yang sangat penting untuk berinteraksi dengan pelanggan di zaman ini.

Telepon, rumah, peralatan, alat kebugaran, automobil kita, dan sebagainya. Bisa dibilang hampir semua benda elektronik yang digunakan oleh basis pelanggan ideal Anda sehari-hari kini terhubung dengan Internet baik secara langsung maupun tidak.

Hewan peliharaan pun akan dilengkapi dengan implantasi mikro chip yang akan mengunggah isi pikiran dan perasaan mereka sepanjang hari agar pemilik mereka yang setia tidak perlu lagi khawatir apakah si Bleki perlu buang air di kebun belakang rumah atau tidak.

Microchip untuk hewan peliharaan
gambar dari Mirror.co.uk

Data dalam jumlah tak terhingga yang tersedia bagi bisnis modern di masa ini begitu mengejutkan. Para pedagang dan pengembang produk dari satu abad yang lalu pasti sedang terguling-guling dalam kubur mereka sekarang, karena jengkel terhadap betapa mudahnya bagi para marketer di seluruh dunia saat ini untuk melakukan pekerjaan mereka.

Konektivitas internet, interface pemrograman canggih, dan kepintaran komputer dengan luar biasa memudahkan Anda untuk masuk ke dalam pikiran pelanggan Anda dan meningkatkan penjualan melalui interaksi yang terencana dan terfokus.

Jadi, tren digital yang mana yang harus anda ikuti perkembangannya saat ini? Ada banya tren, tapi berikut adalah tiga tren yang menurut kami paling berpengaruh di masa depan bisnis anda, terutama di bidang keterlibatan konsumen.

3 Tren Digital Yang Menaikkan Standar Keterlibatan Konsumen

1. Internet

Disebut sebagai “Internet of Things” – disingkat IoT – oleh banyak orang, jalan tol super bagi informasi ini dapat menampung sekitar 9 milyar perangkat. Proyeksi mengindikasikan bahwa angka tersebut akan terus membesar hingga mencapai lebih dari 50 milyar dalam sepuluh tahun ke depan di abad ini.

Internet of Things (IoT)

Tentu saja, saya tidak hanya berbicara tentang telepon, tablet, dan komputer pribadi biasa di sini. Semua perangkat kini telah terhubung: sistem keamanan rumah, HVAC, televisi, kamera lalu lintas, alat monitor kesehatan – dan daftar ini akan terus bertambah dari bulan ke bulan.  Bahkan tak lama lagi kota kita pun akan menjadi suatu jaringan IoT yang besar.

Jadi bagaimana Anda bisa menggunakan data ini untuk meningkatkan interaksi? Hal ini bergantung pada para individu berpikiran kreatif yang terlibat dalam penciptaan produk Anda serta tim pemasaran. Banyak dari data yang tersedia dari berbagai sumber ini hanyalah sebuah tumpukan kusut dari informasi tak terpakai pada titik ini, karena tidak memiliki struktur.

Temukan cara untuk menghubungkan pelayanan Anda dengan “Internet of Things” dari pelanggan Anda. Tawarkan sesuatu yang bernilai jauh di atas apa yang bisa ditawarkan oleh perangkat dan koneksi internet mereka sendiri. Memang tak mudah, tapi ini adalah masa depan dari pemasaran dan interaksi dengan pelanggan.

2. Teknologi Application Programming Interface (API)

API memanipulasi perangkat lunak dan membuat pengambilan data dalam jumlah tak terhingga dari pelanggan menjadi begitu mudah, sehingga tak lagi ada alasan untuk tidak memanfaatkan teknologi ini. Sama sekali tak ada alasan. Semua perangkat dan situs beroperasi dengan API yang dikodekan dengan berhati-hati, yang dirancang untuk mendapatkan wawasan berharga tentang apa yang disukai, tidak disukai, diinginkan atau dibenci oleh para pelanggan.

Google Map API

Lihat saja tingkat dominasi Google di dunia saat ini. Sangat mungkin bahwa mereka lebih tahu tentang situasi pasar saat ini dibanding dengan ahli ekonomi pemerintah mana pun.

Dikenal secara resmi sebagai Ekonomi API, API secara mulus menghantarkan pelayanan pada pelanggan langsung ke telapak tangan mereka. Dan yang terpenting, API mengizinkan kita untuk menyortir data pelanggan dengan tingkat yang tidak mungkin bisa dilakukan hingga sepuluh tahun yang lalu.

Aplikasikan kegunaan dan bahkan desain dari API ke dalam bisnis Anda dan Anda akan membuka pintu untuk menguangkan lebih banyak data serta menyediakan suatu pengalaman yang lebih berfokus pada pelanggan, semuanya hanya dengan satu paket software yang mudah untuk digunakan.

3. Komputerlah Yang Akan Melakukan Bagian Tersulitnya Untuk Anda!

Dan yang dimaksud dengan bagian tersulit  adalah kemampuan sebuah komputer modern untuk berpikir, mempelajari dan mempertimbangkan; seringkali dengan sedikit atau bahkan tanpa intervensi manusia. Tren ini populer disebut sebagai Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI.)

Kecerdasan Buatan (AI)

Di tahun 1984 ketika film Terminator baru dirilis, para penonton tidak bisa membayangkan konsep yang begitu mustahil. Bahwa komputer bisa berpikir sendiri, dan mungkin suatu hari membuat manusia menjadi sekedar onggokan daging dan tulang yang sudah ketinggalan jaman. Apakah ini akan menjadi kenyataan, ataukah hanya tetap sebagai cerita fiksi ilmiah? Kita tunggu saja perkembangannya!

Namun demikian, setidaknya dalam hal kepandaian kognitif, teknologi komputer telah benar-benar mendekati level tersebut. Semua sistem kognitif ini kini sedang bekerja keras untuk menyebarkan hampir 80% data tak berstruktur yang ada di internet saat ini. Betul, hanya 20% dari informasi yang kini beredar di jalan tol informasi super itu benar-benar berguna bagi siapa pun.

Saat big data atau mahadata ini disortir dan dianalisa, maka data tersebut bisa diintegrasikan ke dalam pengalaman pelanggan dengan cara yang tak terbatas, dan membantu berbagai bisnis untuk bisa lebih mengerti tentang pelanggannya, mengoptimalkan proses konsepsi hingga pemasaran, serta membantu membuat pemasaran menjadi tidak begitu memusingkan atau terlalu memakan banyak biaya secara keseluruhan.

Menyatukan Semuanya: Maksimalkan Pengalaman Digital

Semua ini mungkin terlihat terlalu teknis bagi Anda, namun kami sebagai wiraswasta tidak perlu mengikuti kelas tambahan untuk mendapatkan gelar dalam ilmu komputer. Setiap dari tren-tren yang disebutkan tadi sudah sedang gencar dikembangkan dan telah digunakan selama ini.

Pengusaha sedang belajar komputer

Saat pengalaman di awan ini terus berkembang dan menjadi semakin baik, proses pengumpulan data pemasaran dan keterlibatan konsumen serta proses mendapatkan masukan dari mereka tentang apa yang perlu Anda perbaiki untuk menjadikan mereka pelanggan senang yang awet seumur hidup pun akan menjadi lebih mudah.

Satu hal yang merupakan keharusan mutlak bagi para pemilik bisnis adalah, mereka terus mengikuti perkembangan dari Internet Segala Sesuatu, teknologi API, serta kemajuan dalam teknologi komputer.

Ketahui apa yang sedang terjadi dan pastikan Anda memiliki penasihat Teknologi Informasi yang bisa dipercaya dalam bisnis Anda agar Anda siap untuk memanfaatkan peluang yang terbuka kapan pun perubahan itu terjadi.

Gabung milis kami!

Gabung ke milis kami untuk menerima tips bisnis mingguan.

Terima kasih - mohon dicek email inbox anda untuk mengkonfirmasi pendaftaran

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*