Orang tua yang gembira

Apakah anda Seorang Tua, Pensiunan dan Bosan? Baca ini

topik: Kewirausahaan/Pengembangan Diri penulis:

Saya bosan mendengar seseorang yang berusia 50, 60 dan 70 tahun berkata “Saya sudah tua,” “saya sudah capek,” “saya tidak bisa bersaing dengan orang-orang muda.” Saya juga bosan mendengar orang-orang tua yang berkata, “Anak-anak muda jaman sekarang tidak bekerja sekeras kita,” “saya terlalu tua buat media sosial,” “jaman sekarang semuanya lebih mudah dari jaman dulu,” dan lain sebagainya.

Semuanya berakar kepada kepahitan dan membuat yang berkata dan yang mendengar menjadi orang yang negatif. Tapi semua itu belum ada apa-apanya dibandingkan kalimat yang berikut ini.

Tinggal tunggu waktunya untuk…

Anda tahu nggak sih bahwa yang paling menyedihkan dari semua pernyataan-pernyataan yang saya pernah dengar, adalah ini: “Sudah tidak ada lagi yang saya bisa lakukan hari ini. Saya sudah menjalankan hidup saya dan saya sekarang hanya perlu menunggu waktunya saya (untuk meninggal) tiba.”

Sungguh menyedihkan.

Dengan segala hormat kepada pensiunan dan orang yang sudah tua, saya hanya dapat berkata ini: Anda masih punya waktu di dunia ini di tangan anda untuk melakukan sesuatu – apa saja: Lakukan sesuatu, memberi pengaruh kepada orang lain, mengubah lingkungan anda, tantang diri anda sendiri. Apa saja. Tolong.

Maksud saya, hidup dan waktu anda berharga. Jika anda masih bisa ada sebagaimana anda ada saat ini, anda seharusnya bersyukur bahwa anda masih memiliki waktu untuk menambah nilai bagi dunia yang makin tidak menentu ini – di mana saja anda bisa mengambil peran: Di dunia bisnis, keuangan, medis, sosial, keagamaan, dll.

Ada banyak orang diluar sana yang berperang melawan peperangan yang sulit – dengan kanker, penyakit yang tak dapat disembuhkan dan penyakit-penyakit lainnya – yang menginginkan kesempatan untuk hidup lebih lama lagi… sedangkan anda hanya mau menunggu waktu untuk… meninggal?

Sekali lagi, dengan segala hormat, yang namanya alasan ya memang hanya alasan – tidak peduli apakah anda berusia 17, 20, 30 atau 90 tahun.

Bukan saya bermaksud menggurui karena saya belum terlalu banyak makan asam-garam, tetapi ijinkan saya untuk berkata bahwa anda hanya hidup sekali. Jangan sia-siakan kehidupan anda menjadi pahit, penuh penyesalan… dan penuh alasan.

Pebisnis senior

Jangan membuat-buat alasan…

Sudah saatnya anda untuk meningkatkan kehidupan anda ke tingkat yang lebih tinggi. Jika anda berumur sekitar 50-an, baru saja pensiun atau hanya sekedar bosan, cobalah lakukan ini: Mulai sebuah bisnis.

Anda belum terlambat untuk memulai suatu bisnis. Kenapa? Karena anda punya sesuatu yang orang-orang muda itu tidak miliki: Pengalaman nyata di dunia binsis – sebuah keunggulan kompetitif yang besar.

Tertarik belajar media sosial? Kenapa tidak? Belajar Snapchat, Instagram, Twitter, Facebook, dll. Tertarik berinvestasi? Belajar bertransaksi valas, Bitcoin, crowdfunding, dll. Tertarik untuk menjadi blogger? Belajar WordPress, blogging, dll.

Apa saja yang anda mau. Apa saja. Asalkan bukan “saya hanya tunggu waktunya untuk meninggal.”

Foto utama oleh Flickr / Anders Lejczak

Gabung milis kami!

Gabung ke milis kami untuk menerima tips bisnis mingguan.

Terima kasih - mohon dicek email inbox anda untuk mengkonfirmasi pendaftaran

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*