Tips dan ide bisnis

Wanita karir yang sukses

8 Saran Untuk Menjadi Lebih Kaya dan Sukses dalam Karir

topik: Karir/Kewirausahaan/Pengembangan Diri penulis:

Memang uang dan kesukesan bukan segalanya. Tapi uang dan kesuksesan dapat membuka lebih banyak pilihan hidup untuk anda – apapun bentuknya, termasuk hal-hal yang sia-sia maupun yang mulia. Tetapi setidaknya, apapun pilihan hidup anda, kebebasan finansial akan ‘menjamin’ masa depan anda dan keluarga anda.

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak datang dalam waktu semalam. Butuh lebih dari sekedar keberuntungan untuk membangun karir yang menjanjikan – baik secara professional ataupun kewirausahaan, dan ada banyak jalan untuk berada di barisan depan dalam hidup.

Di bawah adalah beberapa saran dalam berkarir untuk menjadi lebih kaya dan sukses – dengan cara yang benar, tentunya!

1. Terus belajar

Membiarkan pengetahuan anda menjadi ketinggalan jaman adalah hal terburuk yang dapat anda lakukan untuk karir, dan dapat menghancurkan kesempatan untuk meningkatkan gaji (atau penjualan jika anda adalah pengusaha). Memperbarui keahlian anda secara berkala akan memastikan anda tetap dipandang sebagai aset yang berharga untuk perusahaan. Apakah anda belajar otodidak atau mengambil kursus pelatihan resmi, jangan pernah berhenti mencari jalan untuk memperluas keahlian dan pengalaman anda.

Mungkin ini bukan cara tercepat atau paling menarik untuk menjadi kaya, tetapi menginvestasikan waktu untuk pendidikan adalah kunci menuju karir yang menjanjikan – tidak peduli apakah anda pekerja kantoran, wiraswasta atau wirausaha. Usahakan waktu untuk belajar membangun dasar yang dapat diandalkan untuk memperlancar karir.

2. Kuasai dasar trading dan investasi

Mencari uang dan keuntungan usaha adalah satu hal, tapi mengelolanya dan mengembangkan apa yang anda punya adalah lain hal.  Banyak pengusaha yang sukses memperoleh banyak keuntungan dan pekerja kantoran bergaji tinggi yang kurang mahir dalam mengelola keuangannya – malah banyak yang bankrut karena sibuk membeli mobil mewah, jalan-jalan ke luar negeri dan belanja gila-gilaan.  Ingat: Anda boleh menikmati hasil kerja anda, tapi anda harus menyisihkan sebagian uang anda untuk membangun dasar kebebasan finansial anda.  Caranya? Buat uang anda bekerja untuk anda.

Investasi di real estate yang menghasilkan arus kas positif (baca: ada penyewanya), trading saham/forex, investasi logam mulia, dll.  Berhubungan dengan Nomor 1 diatas, anda harus belajar bagaimana caranya mengembangkan keuangan pribadi anda.

3. Buat rencana

Apa rencana anda dalam lima, atau bahkan sepuluh tahun ke depan? Membuat denah untuk jalan karir anda penting untuk mengamankan pekerjaan bergaji tinggi atau bisnis yang menguntungkan, dalam industri mana pun. Menjadi kaya membutuhkan waktu dan penting untuk tidak kehilangan arah tujuan. Memiliki rencana yang jelas dan terperinci dapat membantu anda mencapai tujuan finansial.

4. Lakukan yang anda suka

Tidak ada gunanya mencoba menjadi kaya dengan melakukan sesuatu yang tidak anda suka. Dengan menginvestasikan energi untuk karir yang anda sukai, sukses akan datang dengan sendirinya. Contohnya, menjadi pengacara sukses kedengarannya adalah pilihan karir dengan keuangan yang bagus, tapi jika anda tidak memiliki keinginan untuk bekerja di bidang hukum, bagaimana anda dapat sukses? Temukan apa yang anda sukai dan kerjakan!

Kerja keras

5. Memulai bisnis (paruh waktu)

Apa boleh buat – seberapapun besarnya gaji anda, bisnis adalah pondasi untuk memperoleh penghasilan dengan tanpa batasan. Faktanya, orang-orang terkaya di dunia mulai dengan membuka bisnis mereka sendiri. Awalnya bisa jadi sangat menantang, tetapi memulai bisnis dapat membuka impian anda menuju kebebasan finansial.

Jika anda memilih jalan “bekerja untuk orang lain”, anda tetap dapat memulai bisnis paruh waktu – di waktu senggang atau di akhir pekan. Banyak yang telah memilih jalan ini, dan pada akhirnya, beberapa dari mereka mampu untuk berhenti kerja dan menjadi pengusaha sesungguhnya, penuh waktu. Sekali lagi, ada banyak jalan yang dapat diambil, kewirausahaan termasuk di dalamnya.

6. Jangan berhenti – terus kejar mimpi anda

Apa anda pernah merasa seakan-akan posisi anda sekarang tidak memiliki potensi untuk mencapai tujuan finansial? Jangan menyerah.

Profesional: Jangan pernah membiarkan kesempatan untuk kemajuan karir lepas dari genggaman, walaupun itu berarti anda harus bekerja lebih keras dari orang lain di dalam perusahaan untuk mendapatkan promosi. Jika pekerjaan anda yang sekarang mulai terasa seperti jalan buntu, mencoba berkarir di bidang lain atau bekerja dengan suasana yang berbeda dapat meningkatkan potensi pendapatan anda. Terus berusaha, jangan berhenti.

Pengusaha: Jangan biarkan “yah, begini-begini saja juga sudah oke” menjadi moto karir anda. Jika bisnis yang sekarang sudah sukses, usahakan agar lebih sukses lagi; atau, mulai bisnis lain yang terus membuat anda kreatif dan tetap dalam rencana untuk mencapai apa yang anda impikan.

7. Kenal dengan orang-orang penting di industri anda

Hal paling efektif untuk kemajuan karir adalah menciptakan jaringan dengan kontak bisnis. Dengan memfokuskan usaha anda untuk mengenal orang-orang di posisi penting dalam industri, anda membuka pintu untuk kesempatan-kesempatan besar dimasa yang akan datang.

8. Sabar

Karir anda mungkin tidak menjadikan anda kaya secepat yang anda inginkan, tetapi dengan keuletan dan kesabaran, tidak ada yang dapat menghentikan anda untuk meraih kebebasan finansial. Ingatkan diri anda, bahwa suatu hari nanti semua kerja keras anda akan berarti.

Bagaimana dengan anda?

Apa saja jalan yang anda rencanakan untuk karir untuk menjadi kaya dan sukses? Apakah menurut anda kuncinya ada di ambisi, kerja keras atau mungkin pendidikan? Bagikan pemikiran anda.

Gabung milis kami!

Gabung ke milis kami untuk menerima tips bisnis mingguan.

Terima kasih - mohon dicek email inbox anda untuk mengkonfirmasi pendaftaran

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Artikel terbaru dari Karir

Gabung ke Milis kami!

Gabung ke milis kami untuk memperoleh tips bisnis mingguan.

Terima kasih - mohon dicek email inbox anda untuk mengkonfirmasi pendaftaran

Pin It on Pinterest

Kembali ke Atas