Tips dan ide bisnis

Krisis

Rahasia Sukses Bisnis Online: Gagal Dengan Cepat dan Belajar dari Kegagalan Itu

topik: Kewirausahaan/Pengembangan Diri penulis:

Apa anda tahu rahasia terbesar dari kesuksesan bisnis web? Gagal dengan cepat. Bahasa kerennya fail fast.

Apa itu gagal dengan cepat, mengapa anda harus gagal dengan cepat dan bagaimana caranya gagal dengan cepat? Silakan baca terus…

Apa yang dimaksud dengan ‘gagal dengan cepat’?

Ada banyak “rahasia” dalam bisnis web – mulai dari SEO dan strategi membangun tautan sampai berbagai alat otomatisasi produktivitas. Tapi apa anda tahu rahasia terbesarnya? Gagal dengan cepat.

Menurut saya, gagal dengan cepat mungkin adalah strategi membangun aset web yang terbaik sampai saat ini. Sayangnya, hal tersebut mudah dikatakan tapi sangat menantang untuk dilakukan.

Gagal dengan cepat artinya menjual/menutup bisnis online anda ketika anda mengetahui jika website anda tidak akan kuat bertahan. Mengapa harus cepat-cepat? Jawabannya adalah untuk meminimalkan kerugian dan memungkinkan anda untuk melangkah kedepan dengan cepat, sehingga anda dapat meningkatkan kemungkinan untuk menemukan sesuatu yang lebih baik.

Bagaimana cara anda tahu situs web anda buruk atau tidak? Lihat dengan cara seperti ini; ketika membangun sebuah situs, pastinya anda punya visi bagaimana keadaan situs itu, katakanlah dalam waktu satu tahun. Ketika situs itu telah berumur satu tahun dan berada dalam keadaan yang jauh dari visi anda, maka aman untuk mengatakan bahwa properti web itu gagal.

Alasan-alasan mengapa sebuah properti web gagal mungkin adalah: kurang pengunjung, pilihan bidang yang salah, kurang berpotensi menghasilkan uang, dan banyak alasan lainnya.

Mengapa saya harus gagal dengan cepat?

Beberapa orang yang tidak setuju akan berargumen kalau strategi “gagal dengan cepat” ini akan menyebabkan anda kehilangan banyak waktu dan uang dalam hal pengembangan web, dan anda tidak akan pernah dapat mengembangkan aset web anda. Memang benar gagal dengan cepat akan membuat anda kehilangan uang dan waktu. Tetapi, dengan pengambilan keputusan yang cepat anda meminimalkan kerugian finansial anda – hal ini akan dibahas lebih lanjut di bawah, baca terus.

Ini jawaban saya atas untuk orang-orang yang tidak setuju: Mempertahankan bisnis web yang merugikan akan membuat anda kehilangan lebih banyak uang daripada jika anda menerapkan strategi gagal dengan cepat – ini dari pengalaman saya sendiri, dan saya telah membaca hal yang sama dari pengusaha-pengusaha yang lain.

Yang lebih parah daripada itu, mempertahankan bisnis web yang merugi akan menghambat anda untuk mengejar kesempatan yang lebih baik, karena budget investasi, waktu, dan semangat anda tersedot di bisnis online anda yang sedang ‘sakit’.

Bagaimana cara gagal dengan cepat?

Sekarang, anda tentu saja tidak seharusnya membuang properti web yang gagal, kebanyakan dengan membiarkan situs-situs itu mati dengan sendirinya dan membiarkan nama domain kadaluarsa.

Seperti perkataan yang kita kenal, “sampah anda bisa jadi merupakan harta untuk orang lain.” Dan percayalah, perkataan itu benar: Saya pernah membeli web dan situs blog “sampah” dan mengubahnya menjadi aset web yang berharga (pengalaman pribadi yang terbaik : Saya menjual blog dengan harga 12 kali lipat harga belinya – dalam waktu 1 tahun.)

Jadi, cara terbaik untuk gagal dengan cepat yaitu jual properti web anda sebelum anda biarkan mati dengan sendirinya.

Dalam pengalaman saya pribadi, ketika situs web tidak sebaik yang saya harapkan, saya cenderung mengabaikannya. Jadi, jangan pernah mengatakan bahwa anda mungkin akan mengembangkannya di lain waktu ketika anda punya ide baru – percayalah, anda mungkin tidak akan pernah menyentuh situ itu lagi. Pada akhirnya, anda akan menjual situs itu – dengan harga yang sangat murah karena kelalaian anda.

Daripada demikian, bukankah lebih baik anda tidak menjual situs itu ketika anda merasa akan melupakan dan membiarkannya mati?

Setelah memutuskan untuk menjual situs yang gagal, anda perlu untuk memulai lagi dengan segera. Dengan cara ini anda dapat mempertahankan keragaman portfolio anda, dipenuhi dengan properti web yang ingin anda kembangkan – baik yang sudah didirikan maupun yang baru akan didirikan.

Pengusaha sukes gagal cepat dan coba lagi

Langkah sederhana untuk gagal dengan cepat

Jadi, untuk menyimpulkan, ini adalah beberapa langkah sederhana untuk membantu anda mengembangkan aset web anda dengan baik:

  1. Bangun sebuah situs, tentukan target yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu.
  2. Jika jangka waktu yang ditetapkan telah lewat dan situs itu gagal mencapai target, gagal dengan cepat; jika situs itu mencapainya, pertahankan.
  3. Lakukan kembali hal yang sama.

Keuletan membuat gagal dengan cepat penting

Banyak yang berargumen bahwa merangkul kegagalan dan gagal dengan cepat adalah salah – dan saya tidak menentangnya.

Maksud saya, kita tidak merayakan kegagalan dan bersalaman dan berdiri memberikan tepuk tangan untuk kegagalan; kita tidak seharusnya melakukan itu – itu konyol, sepertinya 🙂

Sebaliknya, kita merangkul kegagalan dalam arti “jika anda gagal, kumpulkan keberanian dan bangkitlah lagi” alias ulet.

Kita merangkul kegagalan bukan untuk merayakannya, tetapi merangkul proses pembelajarannya. Kenapa? Karena fakta mengatakan kebanyakan bisnis awal gagal; pengusaha sukses bisa sukses karena mereka gagal banyak kali dan akhirnya menemukan kesuksesan.

Kesimpulan

Kata “krisis” dalam Bahasa Mandarin terdiri dari dua karakter, yang mewakili “bahaya” dan “kesempatan.”

Guratan Krisis dalam bahasa Mandarin

Gagal bukanlah akhir segalanya; gagal juga dapat berarti hadirnya kesempatan – yang lebih baik – menunggu anda di masa yang akan datang.

Jadi, bagaimana pendapat anda? Apa anda merangkul kegagalan dan konsep gagal dengan cepat? Bagikan pendapat anda.

Gagal dengan cepat mempercepat proses belajar, juga meningkatkan kemungkinan menemukan sukses dengan lebih cepat.

Mau?

Foto cover oleh Christian Thogersen / Flickr

Gabung milis kami!

Gabung ke milis kami untuk menerima tips bisnis mingguan.

Terima kasih - mohon dicek email inbox anda untuk mengkonfirmasi pendaftaran

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Artikel terbaru dari Kewirausahaan

Gabung ke Milis kami!

Gabung ke milis kami untuk memperoleh tips bisnis mingguan.

Terima kasih - mohon dicek email inbox anda untuk mengkonfirmasi pendaftaran

Pin It on Pinterest

Kembali ke Atas